Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 1 SDN Udanwuh 02

Rina Astriyani(1*), Andi Makkasau(2), Juliadi Juliadi(3),

(1) SD Negeri Udanwuh 02
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD INPRES BTN IKIP 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui model problem based learning siswa kelas 1 SDN Udanwuh 02. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus, masing-masing siklus memiliki prosedur antara lain perencanaan, indakan observasi, dan refleksi. Teknik analisis data kualitatif berupa analisis data partisipasi siswa dan data kuantitatif berupa analisis data hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar tematik pada tema kegiatanku dengan muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia dan SBdP. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan partisipasi siswa pada pra siklus sebesar 37%, siklus I sebesar 59% dan siklus II sebesar 89%. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa pada ranah kognitif persentase pra siklus sebesar 56%, siklus I sebesar 89%, dan siklus II sebesar 93%, sedangkan pada ranah psikomotor persentase pra siklus sebesar 63%, siklus I sebesar 70%, dan siklus II sebesar 96%. 

Kata Kunci: Problem Based Learning; Partisipasi; Hasil Belajar Tematik


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaan Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2016). Permendiknas Nomor 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). Permendiknas Nomor 23 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih Imas & Berlian Imas. (2014). Ragama Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Utami, Iis Ida. (2014). Peningkatan partisipasi aktif dalam pembelajaran tematik dengan subtema tugas-tugas sekolahku melalui metode problem based learning pada siswa kelas II SDN Durensawit 02 Kecamatan Kayen tahun 2014/ 2015. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UMS.


Article Metrics

Abstract view : 74 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats