Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VI SD

Habibi Apik(1*), Hamzah Pagarra(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SDN 80 Bulukumpa Kec.Bulukumpa Kab.Bulukumba
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 80 Bulukumpa Kab. Bulukumba. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 80 Bulukumpa Kab. Bulukumba pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 15 orang siswa yang terdiri 5 laki-laki dan 10 perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 62,68 dan nilai tertinggi 88,57 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 69,71 dimana dan standar deviasinya 6,81. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 77,14 dan nilai tertinggi 97,14 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 88,95 dan standar deviasinya 3,24 . Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 69,71% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 88,9%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL; Hasil Belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Anggarayanthi, L. A., Suniasih, N. W., & Suara, I. M. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Llingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Ekosistem Siswa Kelas VA SD N 12 Padang Sambian. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1), 2.

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 248.

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., dan Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education vol. 8 No. 1.

Majid, I. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa kelas V SD Tunas Barito Sidangoli Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Konsep Perubahan Sifat. EDUKASI-Jurnal Pendidikan. 13 (1): 193.

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Permendikbud. 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Permendikbud. 2016. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Sesmiarni, Z. (2014). Kecerdasan Jamak dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 1 Nomor 2.

Shalilah, D. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Inquiry bagi Siswa Kelas IV SDN Kebonagung Mojokerto. JPGSD. Volume 02 Nomor 03.

Sudjana , N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats