Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Desilia Dwi Andini(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Irfan Mus(3),

(1) SDN 3 Wanadri
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran IPA materi rangkaian listrik. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar peserta didik 54 % dari 11 peserta didik belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah : (1) mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait dengan materi rangkaian listrik (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri 3 Wanadri terkait dengan materi rangkaian listrik dengan model Problem Based Learning. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri  3 Wanadri yang terdiri dari 11 orang peserta didik. Hasil penelitian menggunakan metode Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 76 atau sebanyak 63% peserta didik mencapai nilai ketuntasan yang diterapkan. Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85 atau 81% peserta didik mencapai ketuntasan minimal.Teknik dan analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik yang berasal dari hasil tes tertulis dan hasil produk dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi keterampilan guru dan aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi rangkaian listrik. 

Kata Kunci: Problem Based Learnin; Hasil Belaja; IPA.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhtadi, Ali. 2019. Modul 3: Pembelajaran Inovatif. Jakarta

Permendikbud nomor 57 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SD/MI.

Poerwanti, Endang., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rifa’i, Achmad. dan Anni, Catharina Tri. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Yoni, Acep., dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.


Article Metrics

Abstract view : 217 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats