Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SD

Kukuh Fajar Pramesworo(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Alphian Sahruddin(3),

(1) SD Negeri 2 Selakambang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bawakaraeng 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi didalam pembelajaran kelas V SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SDN 2 Selakambang. Data awal yang di dapatkan menunjukkan bahwa pada Kelas V dalam pembelajaran anak kurang memperhatikan penjelasan materi dari guru, terdapat siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 63. Data hasil belajar dari 25 siswa, terdapat 15 siswa yang mencapai batas minimal KKM dan sisanya 10 siswa belum memenuhi KKM. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian pada praktik mengajar di peroleh data hasil belajar siswa mencapai 72% dari jumlah siswa. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kelas V. 

Kata Kunci: Problem Based Learning; Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2008). Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pusat Pelajar

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Huda, Fatkhan Amirul. (2018). Pengertian dan Langkah-langkah Model Problem Based Learning. Diakses melalui https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-problem-based-learning/

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats