Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Secara Daring di SD Geeta Kota Cirebon

Nato Uripno(1*), Muhammad Irfan(2), Nur Sofiatul Lailiyah(3),

(1) SD Geeta
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Perumnas II
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VI SD GEETA Kecamatan Kesambi Kota Cirebon dalam pembelajaran tematik pada Tema 2 Subtema 1 dan 2 di kelas VI sebelumnya. Dari 19 siswa baru 11 siswa atau sekitar 57,90% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD GEETA Kesambi Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD GEETA Kesambi Kota Cirebon. Pada siklus pertama 11 dari 17 anak atau 64,70% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 16 dari 17 anak atau 94,11% siswa mencapai KKM.

Keywords: Hasil belajar; Problem Based Learning; PB; Daring


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz MediaOxon: Routledge

Aris shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gagne. Robert M, 1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (Terjemah Munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.

Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive and Fun Education Seminar, 586–588.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56– 60. https://www.prosiding.seminarid.com/index.php/sainteks/article/view/122

Ruseffendi. (1991). Pengantar Kepada Membanu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Maematika Unuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rusman., (2014) Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada. Cetakan ke-7

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. 2002. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats