Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Bilangan Pada Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Datarang
(1) SD Muhammadiyah Datarang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPTSPF SD Inpres unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas pelaksanaan model cooperative tipe Make a Match untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran matematika siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Muhammadiyah Datarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan langsung yang dilakukan selama proses belajar matematika dengan menggunakan model Make a Match. Teknik analisis data diperoleh dari pengamatan aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa, data yang diperoleh dari observasi digambarkan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran matematika. Hal ini bisa dilihat dari lembar kegiatan guru dan siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match; Hasil Belajar Siswa; Bilangan.
Full Text:
PDFReferences
Anita Lie. (2002). Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurhabibah, Alexon. (2017). Penerapan model Learning Tipe Make A Match untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran Matematika ( PTK Siswa Kelas IV A SD Negeri 81 kota Bengkulu ).
Arikunto, S. dkk. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto dan Muljo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Sugiyono.(2011).Metode Penelitian Kuantitatif,KualitatifdanR&D.Bandung: Afabeta
Mariani.(2017).penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang pembagian pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu. Wardani I.G, AK.(2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UniversitasTerbuka.
Huda, Miftahul.( 2013). Model model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim Bafadal. (2005). Pengelola Perpustakaan di Sekolah. Jakarta: Bumi. Aksara.
Susanto,Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Winarni, Widi Endang. (2011). PenelitianPendidikan. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Article Metrics
Abstract view : 1535 times | PDF view : 332 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats