Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Inquiri Pada Peserta Didik Kelas V Muhammadiyah Al Bayyin Pedan Tahun 2019/2020

Sri Sunarwono(1*), Makmur Nurdin(2), Nazwar Muslan(3),

(1) SD Muhammadiyah Al Bayyin
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kompleks IKIP 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar Pkn peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Al bayyin Pedan dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subyek penelitian peserta didik kelas V A SD Muhammadiyah Al bayyin Pedan semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan soal evaluasi. Sebelum digunakan dalam penelitian, soal evaluasi divalidasi secara empirik dan expert judgement. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yakni 70% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 dan meningkatnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar PKn. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan pencapaian KKM pada pretest sebesar 42,3%. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing pada siklus 1, pencapaian KKM meningkat menjadi 53,8%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus 2, pencapaian KKM meningkat menjadi 84,6%. Proses pembelajaran PKn sesuai dengan hasil observasi, pada siklus 1 siswa sudah mulai menunjukkan keaktifannya walaupun masih bingung dengan penerapan metode inkuiri. Pada siklus 2 sebagian besar siswa aktif dalam proses pembelajaran. 

Kata Kunci: prestasi belajar PKn; metode inkuiri terbimbing


Full Text:

PDF

References


Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.

Gulo, W. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Samlawi, Fakih & Maftuh, Bunyamin. (1998/1999). Konsep Dasar IPS. Dirjen Pendidikan Tinggi untuk Sekolah Dasar. Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Hamalik, Oemar. (2005). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar.Bandung : Tarsito.

Sanjaya, Wina (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyani, Sumantri & Permana, Johar. (1998/1999). Strategi Belajar Mengajar. Dirjen Pendidikan Tinggi untuk Sekolah Dasar. Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mulyasa, E. (2006). Menciptakan Pembelajaran Kreatifdan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats