Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar

Nyoman Sinta Asih(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) SD Negeri 2 Seboto
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES HARTACO INDAH KOTA MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Seboto Kecamatan Gladagsari Kabupaten Boyolali pada pelajaran IPA materi rangkaian listrik sederhana. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Seboto dengan jumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi rangkaian listrik sederhana. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 63,64. Setelah diterapkan model PBL pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 72,73 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,09. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI di SD Negeri 2 Seboto.

Kata Kunci: Problem Based learning; Hasil belajar; IPA


Full Text:

Untitled

References


Arikunto, Suharsismi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Undang - undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. SKKD Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, Tanti Agviola & Wardani, Naniek Sulistya. 2017. Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) siswa kelas II SD. 235-242.

Djumhana, Nana. 2019.Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam.Bandung: Kemendikbud

Haris, Abdul, Asep Jihad. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kemdikbud. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdikbud

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samatowa,Usman.2011.Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta.Indeks.

Winataputra. Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 232 times | Untitled view : 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats