Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Kelas 4 SDN 03 Pekuncen

Husni NurJazuli(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Irfan Mus(3),

(1) SD Negeri 3 Pekuncen
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar peserta didik 70 % dari 10 siswa belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 63. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah : (1) mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), untuk meningkatkan pemahaman terkait dengan materi bagian tumbuhan beserta fungsinya dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 3 Pekuncen terkait dengan materi bagian tumbuhan dan fungsinya dengan model Problem Based Learning . Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDNĀ  3 Pekuncen yang terdiri dari 10 orang siswa. Hasil penelitian menggunakan model Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 64 atau sebanyak 70% siswa mencapai nilai ketuntasan yang diterapkan. Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70 atau 90% peserta didik mencapai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Bagian Tumbuhan.


Full Text:

PDF