Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Kelas 4 SDN 03 Pekuncen
(1) SD Negeri 3 Pekuncen
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i1.29260
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam muatan pelajaran IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Hal ini dibuktikan dengan ketercapaian hasil belajar peserta didik 70 % dari 10 siswa belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 63. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah : (1) mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), untuk meningkatkan pemahaman terkait dengan materi bagian tumbuhan beserta fungsinya dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 3 Pekuncen terkait dengan materi bagian tumbuhan dan fungsinya dengan model Problem Based Learning . Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 3 Pekuncen yang terdiri dari 10 orang siswa. Hasil penelitian menggunakan model Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 64 atau sebanyak 70% siswa mencapai nilai ketuntasan yang diterapkan. Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 70 atau 90% peserta didik mencapai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Bagian Tumbuhan.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’adun. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arief , Maulana & Sudin. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Bassed Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 143 http://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hlen&user=BMCnikQAAAJ&citation_for_view
Azhar Haq. (2018). Motivasi Belajar dalam Meraih Prestasi. Vicratina, 3, 193-214. Dari http://riset.unisma.ac.id./index/php/fai/article/view/1081/1493
Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka
Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Isbadrianingtyas, Nafi and Hasanah, Muakibatul and Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 901–Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6300
Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–141.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Shoimin, Aris.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media
Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenata Media.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.
Article Metrics
Abstract view : 2839 times | PDF view : 705 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/