Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar

Muammar Husni Mubaroq(1*), Rosdiah Salam(2), Muh. Hamkah(3),

(1) SDN Karangnangka
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas pada muatan pelajaran PPKn materi hak, kewajiban dan tanggung jawab. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Karangnangka dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn materi hak, kewajiban dan tanggung jawab. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 64,67. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,67 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,67. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas VI Semester I di SDN Karangnangka tahun pelajaran 2021/2022. 

Kata Kunci: PPKn; Hasil Belajar; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Edi Istiyono & Suyoso. (2016). Pengembangan Tes Diagnostik untuk memotret HOTS mahasiswa sebagai dasar pengembangan del pembelajaran berbasis HOTS di Jurdik Fisika FMIPA UNY. Yogyakarta: FMIPA.

Kemdikbud. 2018. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa Kelas 6 Tema 3, Tokoh dan Penemuan, Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Miyarso, Estu. 2019. Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sahlberg, P. (2017). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. In L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.

Sofyan, Herminarto dkk. 2017. Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press

Suharsimi, Arikunto. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsidah dan Suryani, Hamidah. 2018. Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Retnowati, E., Fathoni, Y., & Chen, O. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning by Problem Posing or by Problem Solving? Cakrawala Pendidikan, 37(1), 1-10, from doi: http://dx.doi.org/10.21831/cp.v37i1.18787.


Article Metrics

Abstract view : 545 times | PDF view : 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats