Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar

Risqi Ika Fauziyah(1*), Rosdiah Salam(2), Muh Hamka(3),

(1) SD Negeri Tunon 1 Kota Tegal
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Tunon 1 dalam muatan pelajaran IPA pada materi gangguan kesehatan organ pencernaan manusia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tunon 1 dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar adalah secara klasikal > 75% dari jumlah siswa telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada pra siklus hanya 56%, setelah menggunakan model Problem Based Learning pada siklus I meningkat menjadi 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Tunon 1 tahun pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: IPA; Problem Based Learning; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyana, Yoki, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hanafiah, Nanang dan Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Afitama.

Hermawan, dkk. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Hernawan, A. H., Asra, dan Dewi, L. (2007). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Mulyasa, E. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats