Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 3 Bulusan

Mahardika Dewi Pertiwi(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) SD Negeri 3 Bulusan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 3 Bulusan Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten pada Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) Subtema 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) materi Teks Eksplanasi, Rangkaian Listrik Sederhana dan dampak modernisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada materi Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) Subtema 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 3 Bulusan dengan jumlah siswa sebanyak 14 anak. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentas serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa, maka ditetapkan kriteria pencapaian sebesar 70 untu skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Tema 3 (Tokoh dan Penemuan) Subtema 1 (Penemu yang Mengubah Dunia) materi Teks Eksplanasi, Rangkaian Listrik Sederhana dan dampak modernisasi. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 68,93. Setelah pelaksanaan model PBL pada siklus 1 rata-rata nilai meningkat menjadi 77,70. Dan pada siklus ke II meningkat lagi rata-ratanya menjadi 85,36. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar Tema 3 Subtema 1pada siswa kelas VI SDN 3 Bulusan. 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tema 3 Subtema 1


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsismi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Depdiknas. (2003). Undang - undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2007. SKKD Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas

Dewi, Tanti Agviola & Wardani, Naniek Sulistya. 2017. Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) siswa kelas II SD. 235-242

Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021

Hidayati dkk 2006. Pengembangan Pendidikan IPS SD. UPI Pres. Bandung

Isah Cahyani,Pembelajaran Bahasa Indonesia (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia,2013) ,42

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Winataputra. Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats