Peningkatan Hasil Belajar Matematika Hasil Bagi Bilangan Cacah Tanpa Sisa Melalui Model STAD
(1) SDN 1 GEMBYUNGAN, RANDUBLATUNG
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Guru Pamong PPG PGSD SD Inpres Perumnas II
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Gembyungan materi hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa menggunakan model pembelajaran STAD untuk menyelesaikan masalah yang dikaitkan kehidupan sehari-hari. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 1 Gembyungan yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan teknik tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes tertulis. Berdasarkan hasil pelaksanaan perencanaan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa : hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran STAD siswa kelas III SDN 1 Gembyungan mengalami peningkatan pada materi hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa. Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar pada tiap siklus yakni pada siklus 1 dan siklus 2.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembagian, STAD
Full Text:
PDFReferences
Anitah W, S. d. (2019). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Gunanto, & Adhalia, D. (2015). Eralangga Straight Point Series (ESPS) Matematika untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17 (1), 66-79.
Kebudayaan, K. P. (2018). Buku Tematik Siswa SD/MI Kelas III Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahmu'ddin, & dkk. (2017). Hasil Beajar IPS Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dan Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Paedagogie, V (2), hal. 71-78.
Marheni, N. L., & dk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan hasil Belajar IPS Kelas V SD No. 8 Padangsambian Denpasar. hal 1-10.
Mudjiono, & Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhsetyo, G., & dkk. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Natalia, F. K., & Anugraheni, I. (2019). Perbedaan efektivitas model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan NHT ditinjau dari hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir. Juenal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10 (1), hal.1-11.
Nurfaidah, Rahmawati, & Nurhayati. (2011). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Jurnal PTK DBE3, Vol. Khusus (1), hal. 33-39.
Nurhayati, I. S. (2013). Meningkatkan Ketrampilan Menghitung Keliling dan Luas Bnagun Datar Dengan Model Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas III SD Siluk Imogiri (Skripsi).Program Pendidikan S1. Yogyakarta: Uiversitas Negeri Yogyakarta.
Article Metrics
Abstract view : 172 times | PDF view : 38 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats