Peningkatan Hasil Belajar Matematika Hasil Bagi Bilangan Cacah Tanpa Sisa Melalui Model STAD

Danik Ekawardani(1*), Muhammad Irfan(2), Nur Sofiatul Lailiyah(3),

(1) SDN 1 GEMBYUNGAN, RANDUBLATUNG
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Guru Pamong PPG PGSD SD Inpres Perumnas II
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Gembyungan materi hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa menggunakan model pembelajaran STAD untuk menyelesaikan masalah yang dikaitkan kehidupan sehari-hari. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 1 Gembyungan yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi dan teknik tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes tertulis. Berdasarkan hasil pelaksanaan perencanaan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa : hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran STAD siswa kelas III SDN 1 Gembyungan mengalami peningkatan pada materi hasil bagi dua bilangan cacah tanpa sisa. Hal tersebut dapat terlihat dari peningkatan hasil belajar pada tiap siklus yakni pada siklus 1 dan siklus 2.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembagian, STAD

Full Text:

PDF

References


Anitah W, S. d. (2019). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Gunanto, & Adhalia, D. (2015). Eralangga Straight Point Series (ESPS) Matematika untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17 (1), 66-79.

Kebudayaan, K. P. (2018). Buku Tematik Siswa SD/MI Kelas III Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahmu'ddin, & dkk. (2017). Hasil Beajar IPS Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional dan Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Paedagogie, V (2), hal. 71-78.

Marheni, N. L., & dk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan hasil Belajar IPS Kelas V SD No. 8 Padangsambian Denpasar. hal 1-10.

Mudjiono, & Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhsetyo, G., & dkk. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Natalia, F. K., & Anugraheni, I. (2019). Perbedaan efektivitas model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan NHT ditinjau dari hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir. Juenal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10 (1), hal.1-11.

Nurfaidah, Rahmawati, & Nurhayati. (2011). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Jurnal PTK DBE3, Vol. Khusus (1), hal. 33-39.

Nurhayati, I. S. (2013). Meningkatkan Ketrampilan Menghitung Keliling dan Luas Bnagun Datar Dengan Model Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas III SD Siluk Imogiri (Skripsi).Program Pendidikan S1. Yogyakarta: Uiversitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats