Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lkpd Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar

Hadi Prayitno(1*), Nurfaizah AP(2), Rijal Rijal(3),

(1) SD Negeri 4 Pucangombo
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT.SPF.SDI.Unggulan Puri Taman Sari Kec.Manggala Kota Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pembelajaran di SD Negeri 4 Pucangombo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan cenderung bersifat pasif seperti hanya mendengarkan ,menyimak ,dan mencatat,sehingga hasil prestasi belajar masih kurang dari Standar Ketuntasan Minimal.Maka dari itu perlu suatu inovasi pembelajaran dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD )untuk mengaktifkan peserta didik .Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD .Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan,pengamatan dan refleksi.Subjek penilitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 4 Pucangombo.Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 65,21% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,64.Daya serap peserta didik pada siklus I adalah 66,21% meningkat pada siklus II menjadi 79,65% serta ketuntansan belajar peserta didik pada siklus I sebesar 65%, meningkat menjadi 83%.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zlhiddah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151.

Dewi, M. P., & Kristin, F. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Inquiry Pada Siswa Kelas V Sd.

Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.6346

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dsar dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37–50. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/720.

Ekawati, N. P. N., Dantes, N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i1.2866.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unhawas, 4(1), 14–25. http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690.

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543.

Hasanah, Z., Pada, A. U. T., & Safrida. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 65–75./ https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134.

Hidayah, R., & Pujiastuti, P. (2016). Pengaruh PBL Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 186–197. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7789.

Lestari, N. D. (2018). Pembelajaran Autentik dalam Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Efektor, 5(2), 74–85. https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12079.

Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/1849.

Naimah, J., Winarni, D. S., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilanpemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 91–100. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462.

Nelvianti, & Fitria, Y. (2020). Karakteristik Model Problem Based Learning Berbantuan E-learning Portal Rumah Belajar pada Pembelajaran IPA Tematik. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(02), 162–172. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i2.31367.

Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 10–15. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa. Jurnal Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627.

Setiadi, H. (2016). pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013 the implementation of assessment in the curriculum 2013 Jural Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Silitonga, B. N. (2020). edagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(01), 1–12. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i1.23335.

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Siswa Kelas III SD. 1(1), 21–32. http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Regita C, Pramesthi, D., Hakim, A. R., & Triwahyuningtyas, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Pembelajaran Ipa Berbasis Masalah Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama, 4, 291–303. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view

Siswanto. (2017). Penilaian dan Pengukuran Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik. Bosscript. Sufiyanto, M. I. (2020). Pembelajaran IPA SD/MI. Manggu.

I Made Gede Swiyadnya .(2021).Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/36111


Article Metrics

Abstract view : 565 times | PDF view : 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats