Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Kauman Gebangudik

Sriyana Sriyana(1*), Ila Israwaty(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) SD Kauman Gebangudik
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD, UPT SPF SDN Kompleks IKIP 1 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil dan motivasi siswa dalam belajar sehingga prestasi yang hendak dicapai kurang memuaskan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di Kelas V SD Kauman Gebangudik. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Kauman Gebangudik yang berjumlah 12 siswa. Penulis menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas V dengan instrumen penelitian menggunakan postest untuk mengukur hasil belajar siswa sedangkan hasil motivasi belajar diperoleh dari kuesioner awal dan akhir. Ketuntasan pada siklus I adalah 41,67% dan pada siklus II yaitu 83,33 %. Adapun hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di kelas V. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Motivasi.


Full Text:

PDF

References


Cholisin. (2006). Pengembangan Karakter Dalam Materi Pembelajaran. Makalah disampaikan pada

kegiatan MGMP PKn SMP Kota Yogyakarta.

Fazli, Ari. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Kelas V Sd Negeri 182/I Hutan Lindung. Jambi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi https://repository.unja.ac.id/2899/1/ARTIKEL%20ILMIAH%20ARI.pdf

http://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf

https://katazikurasana30.blogspot.com/2016/05/contoh-penulisan-identifikasi-dan_15.html

http://eprints.uny.ac.id/24005/4/4.BAB%20II.pdf

Nata, Abuddin.(2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Aceh: Lantanida Journal, Vol. 7 No. 1 (2019) 1-100 https://media.neliti.com/media/publications/287750-metode-penerapan-model-pembelajaran-prob-b6fb960b.pdf

Sanjaya, M.Pd, Prof. DR. H. Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media. hlm. 22. ISBN 9789791486880.

Sofyan., Wagiran., Komariah., dan Triwiyono. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Presshttp://staffnew.uny.ac.id/upload/132297916/penelitian/Buku.%20Problem%20Based%20Learning%20dalam%20Kurikulum%202013.pdf

Sri Hermayanti. (2019).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKn Di Mi Nw Kawo. Mataram :PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM http://repository.ummat.ac.id/411/3/COVER-BAB%20III.pdf

Sulistiani, E., dan Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612

Syamsidah dan Hamidah Suryani. (2018). Buku Model Problem Based Learning (Pbl) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta:Penerbit Deepublish

Tamarli. (2017). Penggunaan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Hak Azasi Manusia Kelas XI-2 SMA Negeri Suka Makmur Aceh Besar. Jurnal Serambi Ilmu, 18(1): 33-40

Wardani, Wulan Fortuna. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari. Metro : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri(IAIN)Metrohttps://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3201/1/SKRIPSI%20WULAN%20FORTUNA%2013105975.pdf


Article Metrics

Abstract view : 943 times | PDF view : 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats