Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas III SDI BUTTATIANANG II

Andi Nurilmah(1), Andi Dewi Riangtati(2*), Sarinimah Sarinikmah(3),

(1) PGSD_Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN KOMPLEKS IKIP 1 MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui penggunaan media audio visual dengan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III UPT SPF SDI BUTTATIANANG MAKASSAR. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 12 orang. Metode serta pendekatan  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tanya jawab, demontrasi, diskusi dan penugasan. Sedangkan pendekatan yaitu melalui pendekatan saintifik sesuai amanat kurikulum 2013 (meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba mengasosiasikan/ mengolah informasi dan mengkomunikasikan) dan TPACK. Adapun dalam teknik pengumppulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dari akhir siklus I dan tes akhir siklus II serta dengan menggunakan lembar observasi, kuesioner/tanggapan siswa, dan pertanyaan refleksi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dengan model Problem Based Learning dapat memfokuskan siswa dalam pembelajaran yang berkaitan dengan masalah pada kehidupan sehari-hari dan membantu siswa untuk dapat berpikir kritis dalam memecahkan masalah serta menemukan ide-ide kreatif yang menjadi solusi pada setiap masalah, baik penemuan jawaban secara individu maupun dalam bentuk diskusi kelompok. Berdasarkan dari beberapa data diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kelas III UPT SPF SDI BUTTATIANANG II Makassar.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan. Partial Least Square (PLS). Edisi 4.

Lamajau Eresia. (2017). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai Melalui Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Kreatif Tadulako. 5(1), 205

Mustamilah. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Subtema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SDN Gosono-Wonosegoro. Scholaria. 5 (1). Halaman: 92-102.

Yahya, Septiwiharti Dwi, dan Imran. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran PKn melalui Media Kliping di SD Inpres Despot Posona Kecamatan Kasimbar. Jurnal Kreatif Tadulako. 3(1), 120

Yunin Nurun Nafiah, Wardan Suyanto. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa, 4(1), 125-143.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats