Pengembangan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Siswa Kelas 1 SDN Nunu

Fitriani Fitriani(1*), Muhammad Irfan(2), Sunardi Sunardi(3),

(1) SDN NUNU
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Percontohan PAM Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah permasalahan terkait banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenal simbol bilangan khususnya pada siswa kelas 1 SDN NUNU, sehingga diperlukan penggunaan media untuk mengembangkan pengetahuan siswa dalam mengenal konsep bilangan yaitu media kartu angka. Penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan pengetahuan siswa tentang bilangan melalui penerapan media kartu angka di SDN NUNU Subjek penelitian ini adalah Kelas 1 yang terdiri dari 15  siswa. Pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian artikel ini dapat disimpulkan bahwa media kartu angka efektif dalam mengembangkan pengetahuan siswa dalam mengenal angka pada siswa kelas 1 SDN NUNU. Saran dari peneliti adalah sebaiknya guru menggunakan media yang menarik dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai simbol bilangan/angka, kemudian kepada sekolah yaitu menyediakan fasilitas yang mendukung mereka dalam meningkatkan pengetahuan mengenai angka kepada peserta didik. 

Kata Kunci:  Pengenalan Angka; Media Kartu Angka Bergambar.


Full Text:

PDF

References


Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Sadiman, Arief S, dkk. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persabda.

Rosdiani, Luh Putu, dkk. 2014. ‘Penerapan Think Pair Share Berbantuan Media Pohon Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak’. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1).

Raharjo, K. (2010). Kamus Matematika Bergambar. Jakarta: Grasindo.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mariani, Desi. 2018. Pengaruh Media Kartu Gambar Angka Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta.

Febryani, Ni Putu, dkk. 2014. ‘Penerapan Make A Match Berbantuan Media Dadu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Anak’. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 (1).

Mariani, Desi. 2018. Pengaruh Media Kartu Gambar Angka Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Indriani. 2013. ‘Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan 1- 5 pada Anak Tunagrahita Ringan’. Vol. 12 (2).

Sadiman, A.S, dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RAJA Grafindo Persada.

Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Raharjo, K. (2010). Kamus Matematika Bergambar. Jakarta: Grasindo.

Wulan, R. (2011). Mengasah Kecerdasan Pada Anak (Bayi- Prasekolah). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Adams, K. (2006). Semua Anak Jenius: Berbagai Macam Aktivitas Seru untuk Mengembangkan Kecerdasan Pada Anak Usia 0-11 Tahun. Jakarta: Erlangga.

Saleh, A. (2009). Number Sense: Belajar Matematika Selezat Coklat. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Mariana & Hendarto (2010), 20 Oktober 2010, Meningkatkan Minat Pengenalan Konsep Bilangan melalui Metode Permainan. http://www.bpkpenabur.or.id/nod/ 7844, diakses 5 juni 2017


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats