Peningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Jasmini Jasmini(1*), Nurfaizah AP(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD NEGERI MANTINGANTENGAH
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri Mantingantengah Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati dalam pembelajaran tematik tema 2 Udara bersih Bagi Kesehatan Sub Tema 1 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Pembelajaran 5. Dari 16 siswa baru 7 siswa atau sekitar 43,75% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mantingantengah Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah problem based learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mantingantengah Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Pada siklus pertama 12 dari 16 anak atau 75% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 15 dari 16 anak atau 93,75% siswa mencapai KKM.

Kata Kunci: Aktivitas;Hasil Belajar; PBL.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hasibuan dan Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 6 (2).

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Usman, Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Trianto. 2007. Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wihardit,Kuswaya dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka


Article Metrics

Abstract view : 384 times | PDF view : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats