Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas V SDN Mekarari 01
(1) SD NEGERI MEKARSARI 01
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Mekarsari 01 pada pelajaran IPA materi sistem peredaran darah. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Laerning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 3 (Tiga) siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menganai keterampilan guru menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siklus I memperoleh skor 15 kategori baik, siklus II 17 dengan kategori baik dan pada siklus III dengan skor 21 kategori dengan kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata skor 11 kategori baik dan pada siklus II rata- rata skor 12 kategori baik, pada siklus III meningkat lagi dengan skor 15 dengan kategori sangat baik baik. Ketuntasan belajar peserta didik siklus I adalah 33,3% ,pada siklus II menjadi 66,67%. Pada siklus III hasil mencapai 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada peserta didik kelas V SD Negeri Mekarsari 01.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Kualitas Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsismi, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Depdiknas. (2003). Undang - undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Djumhana, Nana. (2019). Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam.Bandung: Kemendikbud.
Eggen, Paul & Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemdikbud. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kemdikbud
Article Metrics
Abstract view : 308 times | PDF view : 104 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats