Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 4 Menggunakan Problem Based Learning

Dwi Yuni Saptono(1*), Rahmawati Patta(2), Kadarisman Kadarisman(3),

(1) SD Negeri Kedungsari 2
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi dasar pelaksanaan penelitian ini.  Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Indonesia materi gagasan pokok paragraf kelas 4 SD Negeri Kedungsari 2 menggunakan model problem based learning. Metode penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan PTK meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, test dan kajian dokumen, Ada 2 jenis analisis data yaitu kualitatif berupa lembar observasi dan angket, kuantitatif berupa hasil penilaian evaluasi pembelajaran. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai rata-rata tiap siklus yaitu pada pra penelitian nilai rata-rata hanya mencapai 57, pada siklus 1 menjadi 70,5, pada siklus 2 mencapai 85, dan pada siklus 3 telah mencapai 93. Prosentase pencapaian KKM mulai dari pra penelitian hanya mencapai 10%, kemudiana pada siklus 1 mencapai 45%, pada siklus 2 mencapai 85%, dan pada siklus 3 telah mencapai 100%. Berdasarkan data mulai dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Kedungsari 2.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar; Gagasan Pokok.

 


Full Text:

PDF

References