Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 4 Menggunakan Problem Based Learning
(1) SD Negeri Kedungsari 2
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i1.28579
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi dasar pelaksanaan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Indonesia materi gagasan pokok paragraf kelas 4 SD Negeri Kedungsari 2 menggunakan model problem based learning. Metode penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan PTK meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, test dan kajian dokumen, Ada 2 jenis analisis data yaitu kualitatif berupa lembar observasi dan angket, kuantitatif berupa hasil penilaian evaluasi pembelajaran. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai rata-rata tiap siklus yaitu pada pra penelitian nilai rata-rata hanya mencapai 57, pada siklus 1 menjadi 70,5, pada siklus 2 mencapai 85, dan pada siklus 3 telah mencapai 93. Prosentase pencapaian KKM mulai dari pra penelitian hanya mencapai 10%, kemudiana pada siklus 1 mencapai 45%, pada siklus 2 mencapai 85%, dan pada siklus 3 telah mencapai 100%. Berdasarkan data mulai dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri Kedungsari 2.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar; Gagasan Pokok.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media.
Munawaroh, Isniatun (2019). Modul 1 Pedagogik PPG Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Pujiriyanto (2019). Modul 2 Pedagogik PPG Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kemdikbud.
Muhtadi, Ali (2019). Modul 3 Pedagogik PPG Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kemdikbud.
Miyarso, Estu. ( 2019 ). Modul 4 Pedagogik PPG Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kemdikbud.
Zamroni, dkk (2018). Buku Pegangan Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Dirjen GTK Kemdikbud.
Dimyati dan Mudjiono (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Djamarah dan Zain (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Article Metrics
Abstract view : 714 times | PDF view : 118 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/