Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Dengan Model Role Playing Pada Siswa Kelas VI SD 4 Gondosari Gebog Kudus

Fatmawati Fatmawati(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Asriani Arifuddin(3),

(1) SD 4 Gondosari Gebog Kudus
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 1 Padduppa
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar IPA materi perkembangbiakan makhluk hidup bagi siswa Kelas VI SD 4 Gondosari Semester 1 Tahun 2021/2022 dengan model role playing berbantukan kertas bergambar.Pada penelitian ini subjeknya adalah siswa Kelas VI SD 4 Gondosaridengan jumlah 30, terdiri dari putra16 putri 14.Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik analisis deksriptif kualitatif komparatif dan analisis interaktif antar siklus.Motivasi belajar siswa pada kondisi awal ke siklus I mengalami peningkatan dari rendah menjadi tinggi, pada siklus I motivasi siswa meningkat,  begitu juga   motivasi pada siklus II meningkat, karena pada siklus I  dan siklus II siswa terlibat semua untuk menggunakankertas bergambar sebagai alat peraga atau media yang digunakan saat bermain peran atau role playing dalam kelompok kecil dengan materi perkembangbiakan makhluk hidup, sedangkan pada siklus IImenggunakan kertas bergambar lagi dengan materi perkembangbiakan makhluk hidup dalam kelompok kecil. Untuk prestasi belajar pada kondisi awal ke siklus I ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 47 % menjadi 75 % berarti naik 28 %, nilai terendah naik dari 25 menjadi 46 berarti naik sebesar 21 %, tapi nilai tertinggi menurun dari 96 menjadi 91. prestasi belajar pada siklus II mengalami peningkatan,  pada siklus I nilai terendah 46 pada siklus II 59 meningkat 13%, rata-rata pada siklus I 64,7 pada siklus II 70,0  berarti meningkat 5,3 %, kemudian ketuntasan pada siklus I 75% pada siklus II 91% berarti naik 16%. Hal ini menujukkan dengan menggunakan model role playing dapat meningktakan motivsi dan prestasi belajar IPA materi perkembangbiakan makhluk hidup.

Kata Kunci: Motivasi Belajar; Prestasi Belajar;Role Playing,


Full Text:

PDF

References


Aryani, Wiwik. 2019. Peningkatan Belajar Bahasa Indonesia Materi Menentukan Watak Tokoh Dalam Dongeng Fabel Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Margasari Semeter Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Dialektika FKIP Vol. 3 No.1 –Mei 2019 ISSN 2528-2328 Halaman 77-89.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hanafiah, Nanang, (2010}. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Koswara, Halimah. (2008). BagaimanaMenjadi Guru Kreatif. Bandung Pribumi Mekar

Riadi, Muchlisin.(2019).Model Pembelejaran Bermain Peran (Role Playing)

website: www.kajianpustaka.com

Sugihartono, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats