Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Pada Peserta Didik Kelas 3 SDN Jrahi 02

Eko Budi Hartini(1*), Rahmawati Patta(2), Kadarisman Kadarisman(3),

(1) SD Negeri Jrahi 02
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Kampus IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran matematika materi bilangan cacah. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian hasil belajar dari 9 peserta didik hanya 2 peserta didik (22,22%) mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui apakah melalui model pbl dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas 3 sdn jrahi 02. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (ptk) dengan dua siklus, dimana pada setiap siklusnya dilakukan satu tindakan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 sdn jrahi 02 yang terdiri dari 9 orang peserta didik. Hasil penelitian menggunakan model problem based learning menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus i peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebanyak 6 peserta didik (66,67%). Dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu sebanyak 8 peserta didik (88,89%) yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui model pbl dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas 3 sdn jrahi 02.

Kata kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar; Matematika.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Aditya Media.

Fauziah, D,N. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 1, No. I, Desember 2016, hlm. 103-109

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ibrahim, M dan Nur. (2000). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Kamdi, Waras. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajawali Pers

Slameto. (2012). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Widya Sari Press.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yeti Heryati. Mumuh Muhsin. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.


Article Metrics

Abstract view : 375 times | PDF view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats