Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas 1 SDN 467 Lemoe

Irma Irma(1*), Hamzah Pagarra(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD Negeri 467 Lemoe
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i1.28440

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menerapkan penggunaan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan penggunaan media kartu bergambar di kelas I SDN 467 Lemoe. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SDN 467 Lemoe, sebanyak 7 orang siswa yang terdiri dari 3 orang perempuan dan 4 orang laki – laki pada tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dan 1 kali evaluasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar. Rata – rata hasil akhir siklus I adalah 60,00 meningkat menjadi 88,60 pada siklus II dan ketuntasan belajar 28,60 % pada siklus I meningkatkan menjadi 99,10 % pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas I SDN 467 Lemoe. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Kartu Gambar.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras

Bambang. Kesowo. 2003. Sisdiknas UU 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia

Ihsan. Fuad. 2008. Dasar- Dasar Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres

Mudyahardjo. Redja. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya

Ratumanan. 2002. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar engajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 285 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pjpgsd@unm.ac.id

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats