Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas 1 SDN 467 Lemoe

Irma Irma(1*), Hamzah Pagarra(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD Negeri 467 Lemoe
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menerapkan penggunaan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan penggunaan media kartu bergambar di kelas I SDN 467 Lemoe. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SDN 467 Lemoe, sebanyak 7 orang siswa yang terdiri dari 3 orang perempuan dan 4 orang laki – laki pada tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dan 1 kali evaluasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar. Rata – rata hasil akhir siklus I adalah 60,00 meningkat menjadi 88,60 pada siklus II dan ketuntasan belajar 28,60 % pada siklus I meningkatkan menjadi 99,10 % pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas I SDN 467 Lemoe. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Kartu Gambar.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras

Bambang. Kesowo. 2003. Sisdiknas UU 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia

Ihsan. Fuad. 2008. Dasar- Dasar Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres

Mudyahardjo. Redja. 2010. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya

Ratumanan. 2002. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar engajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats