Penerapan Model Explicit Instruction dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Matematika Kelas V SDN Makmur Jaya
(1) SDN MAKMUR JAYA
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Pertiwi Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.70713/pjp.v2i1.28413
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN Makmur Jaya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 28 peserta didik pada muatan pelajaran Matematika soal cerita pecahan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kualitatif berupa deskripsi dari partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi terhadap partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil dari penerapan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas V SDN Makmur Jaya menunjukkan peserta didik aktif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, ikut serta dalam diskusi, serta menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN Makmur Jaya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Instruction; Partisipasi Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, Desi Tri. (2017). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction pada Mata Pelajaran IPS Kelas VB SDN 1 Gantiwarno. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Silviana, Gina. (2016). Penggunaan Model Explicit Instruction untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa pada Konsep Biosafety. Skripsi. Bandung: FKIP UNPAS.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Solo: Kencana Prenada
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Yamin, Martinis. (2015). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press.
Article Metrics
Abstract view : 282 times | PDF view : 64 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pjpgsd@unm.ac.id
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/