Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning

Ermi Septiani(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) SD Negeri Bojong 02
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian tindakan kelas dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri Bojong 02 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes dalam pembelajaran tematik Tema 5 Mata Pelajaran IPA materi rantai makanan dan komponen-komponennya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Rantai Makanan dan Komponen-komponenya melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning bagi siswa kelas V SDN Bojong 02. Kegiatan penelitian perbaikan pembelajaran dilaksanakan selama 2 siklus. Siklus 1 pada tanggal 10 November dan tanggal 13 November. Pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan menghasilkan produk sekaligus memaparkan. Hasil refleksi pada siklus 1 menunjukkan bahwa terdapat 47,37 % dari 19 siswa tuntas belajar dan 52,63% dari jumlah siswa masih perlu dilakukan perbaikan pembelajaran. Setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus 2, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 89,47% dan persentase siswa yang belum tuntas menurun menjadi 10,53%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran “Project Based Learning” dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Rantai makanan dan komponen-komponennya. 

Kata Kunci: Hasil belajar; Rantai Makanan; Project Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2007. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara.Depdikbud

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Wardani, IGAK. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Anita Sri, W, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ahmad, Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Cord. 2001. Contextual Learning Resource. [online]. Tersedia: http://www.cord.org/lev2.cfm/65. [13 April 2012].

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hopkins, David. 1993. A Teacher's Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

I Made Alit Mariana & Wandy Praginda. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. PPPPTK IPA: Bandung.

Khamdi, Waras. (2007). Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran. [Online]. Tersedia: http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/23/pembelajaran-berbasisproyek-model-potensial-untuk-peningkatan-mutu-pembelajaran/. [16 oktober 2013].

Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Okudan. Gel E. dan Sarah E. dan Rzasa. 2004. A Project-Besed Approach to Entreprenurial Leadership Education. Journal Technovation. Desember. Volume XX. Page 1-16

Padmono, Y. 2010. Kekurangan dan kelebihan, Manfaat Penerapan PTK. Online: edukasi.kompasiana.com.

Satoto Endar Nayono, dan Nuryadin ER. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Lerning pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta, UNY.

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sitiatava, Rizema Putra. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Thomas, J.W. Mergendoller, J. R. & Michaelson, A. 1999. Project-Based Lerning: A handbook for Middle and High School Teachers. [online]. http://www.Bgsu.edu/organization/ctl/proj.html. [8 Juni 2012].

Riadi, Mukhlisin. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Diunduh 13 Oktober 2020 dari https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html

Thegorbarsla. 2018. Rantai Makanan dan Komponen-komponennya. Diunduh 13 Oktober 2020 dari https://thegorbalsla.com/rantai-makanan/

Duniapcoid. 2018. Pengertian Project Based Learning. Diunduh 14 November 2020 dari https://dunia.pendidikan.co.id/pengertian-project-based/

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan


Article Metrics

Abstract view : 1279 times | PDF view : 376 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats