Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

TESI TUNJUNG SARI(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Irfan Mus(3),

(1) SD NEGERI 1 PATIKRAJA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Keaktifan peserta didik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi teks petunjuk masih rendah. Hal ini dibuktikan berdasarkan lembar observasi keaktifan peserta didik mencapai 50% dari 20 jumlah peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah meningkatkan keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Patikraja melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning materi teks petunjuk. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode tindakan yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan peserta didik yang sangat signifikan pada siklus pertama keaktifan peserta didik mencapai 65% dan siklus kedua 78%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Patikraja dapat meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. 

Kata Kunci: Liveliness; Project Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Ariyana, Yoki, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Sudrajat, Ajat dan Hernawati, Eneng. 2020. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementrian Agama RI

Pujiriyanto. 2019. Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Fitrianingrum, Ventika. 2021. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan

Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester 1 SDN 1 Jati Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif : Journal of Education Research 3(1), 2021, 32-47. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/36/29

Imenda, Elsa. 2017. Artikel Ilmiah Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Kelas IV SDN 187/1 Muara Bulian. https://repository.unja.ac.id/1523/1/ARTIKEL-A1D113036.pdf


Article Metrics

Abstract view : 1301 times | PDF view : 482 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats