Peningkatan Motivasi Belajar Model Problem Based Learning Berbasis TPACK Pada Siswa Kelas VI
(1) SD Negeri 2 Pegagan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Pegagan Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi, peserta didik kurang antusias dan semangat pada saat proses pembelajaran. Presentase nilai motivasi belajar menunjukkan hasil rata-rata nilai motivasi belajar siswa mencapai 54. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model Problem Based Learning berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge di kelas VI SD Negeri 2 Pegagan Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model Problem Based Learning berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge pada siklus I menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa didapatkan rata-rata nilai mencapai 63. Tahap siklus II hasil rata-rata nilai motivasi belajar siswa mencapai 71. Pada siklus III mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan hasil rata-rata nilai mencapai 87. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Pegagan.
Kata Kunci: Motivasi belajar; Problem Based Learning; TPACK.
Full Text:
PDFReferences
Arends, Ricard. (2007). Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dewantara, K.H. (2004). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung: ALPABETA.
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kuantitatif Dan Kulitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.
Jami, Mekka Madaina. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. Indonesian Journal of Science Education, Vol 1(1). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kurniati, Dwi. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Tema 9 Melalui Model Discovery Learning Berbasis TPACK Pada Peserta Didik Kelas IV Semester 2 SD Negeri Pandean Lamper 02 Semarang. Vol 12 (1). Semarang: Pasca Sarjana Universitas PGRI Semarang.
Muhtadi, Ali. (2019). Modul 3 Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Percetakan UNM.
Mulyatiningsih, Endang. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pujiriyanto. (2019). Modul 2 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Percetakan UNM.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zainal Aqib, et al. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Article Metrics
Abstract view : 1288 times | PDF view : 437 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats