Model Pbl Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Suniarti Suniarti(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) SD Negeri 2 Karangwangun Kec. Babakan Kab. Cirebon Prov. Jawa Barat
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Impres Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangwangun Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Permasalahan yang muncul diantaranya siswa kurang aktif, cara mengajar guru yang monoton, kurangnya media yang bervariasi dan pembelajaran yang bersifat hafalan, tanpa siswa terlibat langsung dalam pencarian informasi atau fakta. Hal tersebut yang menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa menurun.  Dari 32 siswa, baru 12 siswa atau sekitar 37,5% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karangwangun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Model pembelajaran yang digunakan yaitu problem based learning (PBL).. Teknik pengumpulan data pada kegiatan ini adalah dengan tes, catatan observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Karangwangun dengan diperoleh hasil sebagai berikut : pada siklus I dengan data 19 siswa atau sekitar 59,3% mencapai KKM dan pada siklus II diperoleh hasil dengan data 29 siswa atau sekitar 90,6% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). 

Kata Kunci: Keaktifan; Hasil Belajar; PBL.


Full Text:

PDF

References


Ersa, P.C. 2015. Analisis Pelaksanaan Problem Based Learning dan Hubunganya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 5 SMA.N 8 Kota Jambi Pada Materi Hidrolisis Garam. Jambi : Universitas Jambi.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta

Kurikulum 2013 SD Negeri 2 Karangwangun Tahun 2021

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang

Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang

Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang

Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang

Standar Penilaian

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Fatkhan Amirul Huda (2018). Pengertian dan Langkah-Langkah Model Problem Based Learning. https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-problem-based-learning/

Agung Triyono (2020). Sintaks PBL (Problem Based Learning) Menurut Para Ahli https://www.haidunia.com/sintaks-pbl-problem-based-learning/


Article Metrics

Abstract view : 285 times | PDF view : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats