Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Kelas IV SD N Kejambon 4

Shella Permatasari(1*), Lukman Ali(2), Nur Aivi(3),

(1) UPTD SPF SD N Kejambon 4
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Komplek IKIP 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV muatan pelajaran matematika materi Kelipatan Persekutuan Terkecil pada tahun 2020/2021 masih rendah, Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan model pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV materi kelipatan persekutuan terkecil melalui model Problem Based di SD Negeri Kejambon 4. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Kejambon 4 tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 72,44 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 81,82. Keaktifan siswa dalam pembelajaran siklus I yaitu 70,66% dan siklus II menjadi 80,40%. Oleh karena itu, penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan Siswa, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aris Shaimin (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Supinah dan Agus D.W. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 86 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats