Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI

Mahdi Mahmud(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) SD Negeri Pasirtalaga II
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VI SD Negeri Pasirtalaga II Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Pasirtalaga II Telagasari Karawang dan sampel yang digunakan adalah sebagian siswa kelas VI yang berjumlah 11 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Pasirtalaga II Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Data kuantitatif digunakan untuk melihat peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VI SD. Dari hasil siklus I diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) adalah 6 dari 11 anak atau 54,54% siswa yang mencapai KKM dan berada pada kategori rendah. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) 9 dari 11 anak atau 81,81% siswa mencapai KKM dan berada pada kategori tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SD.

Kata Kunci: Aktivitas; Hasil Belajar; PBL.


Full Text:

PDF

References


Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusmono.(2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia

Dzulfikar, A., Asikin, M. & Hendikawati, P. 2012. Keefektifan Problem Based Learning dan Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematic s Education-UJME, Vol. 1, No. 1

Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Depag RI, 1990.

Suharsimi Arikunto (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Hajar, A.,Nisaul. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri Kebak Kramat Tahun Ajaran 2015/2016 . (online).(https://media.neliti.com/media/publications/13800-ID, diakses tanggal 29 November 2021).


Article Metrics

Abstract view : 405 times | PDF view : 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats