Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa

Galih Wijayanto(1*), Andi Makkasau(2), Syahrani Syahrani(3),

(1) SD Negeri 1 Kaligayam
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Impres Unggulan BTN
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Kaligayam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaligayam yang berjumlah 13 siswa. Desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase keaktifan siswa yaitu pada siklus I sebesar 50% meningkat pada siklus II menjadi 75%. Hal itu juga diiringi dengan peningkatan presentase hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 55%  meningkat pada siklus II sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. 

Kata Kunci : Keaktifan; Hasil Belajar; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta

Amir, M. T. (2018) . Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Kencana, Jakarta

Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi). : CV. AE Grafika. Magetan

Wati, K . (2019). Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihadkota Jambi.Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/2568/1/KURNIAWATI%20-%20qurnia%20karsa.pdf

Handoko, O. B., Dewi, K. H, & Giarti, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 1 No. 3

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiUoevhvPn0AhVX9nMBHVBrCTEQFnoECAoQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJLLS%2Farticle%2Fdownload%2F15385%2F9380&usg=AOvVaw0ITe0dn_0TY7U3V0HG5roO

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran "Berorientasi Standar Proses Pendidikan". Kencana. Jakarta:

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan . Alfabeta.Bandung

Yonny, Acep, dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Familia, Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 179 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats