Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa
(1) SD Negeri 1 Kaligayam
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Impres Unggulan BTN
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Kaligayam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaligayam yang berjumlah 13 siswa. Desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan presentase keaktifan siswa yaitu pada siklus I sebesar 50% meningkat pada siklus II menjadi 75%. Hal itu juga diiringi dengan peningkatan presentase hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 55% meningkat pada siklus II sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Keaktifan; Hasil Belajar; Problem Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta
Amir, M. T. (2018) . Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Kencana, Jakarta
Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi). : CV. AE Grafika. Magetan
Wati, K . (2019). Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihadkota Jambi.Skripsi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/2568/1/KURNIAWATI%20-%20qurnia%20karsa.pdf
Handoko, O. B., Dewi, K. H, & Giarti, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 1 No. 3
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiUoevhvPn0AhVX9nMBHVBrCTEQFnoECAoQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJLLS%2Farticle%2Fdownload%2F15385%2F9380&usg=AOvVaw0ITe0dn_0TY7U3V0HG5roO
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran "Berorientasi Standar Proses Pendidikan". Kencana. Jakarta:
Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan . Alfabeta.Bandung
Yonny, Acep, dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Familia, Yogyakarta
Article Metrics
Abstract view : 83 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats