Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 213 Inpres Lemo

Lusya Santi(1*), Ila Israwaty(2), Muhammad Fitri(3),

(1) SDN 213 Inpres Lemo
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui  metode Problem Based Learning pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 213 Inpres Lemo Semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan yaitu bulan September 2019 sampai dengan bulan Oktober 201219 Subjek dalam penelitian adalah proses dan hasil belajar Matematika  pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 213 Inpres Lemo  semester I tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data, data kualitatif hasil pengamatan proses belajar dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dengan siklus II Model pembelajaran yang diterapkan pada PPL yaitu Model Based Learning. Kasus yang ditemukan pada siklus 1 Peserta didik kurang percaya diri dan kurang aktif dalam proses pembelajaran.Pada siklus 2 yaitu pada saat proses pembelajaran masih ada peserta didik yang kurang aktif. Pada siklus 3 kasus yang ditemukan pada siklus 1 dan siklus 2 tidak terulang lagi. Sedangkan hasil penilaian pada siklus I ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 42,85% dengan nilai rata-rata 66,96. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 96,42% dan nilai rata-rata 83,03. Saran untuk perbaikan praktik mengajar bagi praktikan yaitu selama proses pembelajaran luring di masa pandemi praktikan diharapkan selalu meperhatikan dan memberikan arahan kepada siswa untuk tetap menjaga protokol kesehatan, pentingnya mendidik anak terhadap budaya positif serta melakukan pembelajaran daring secara singkronis.

Kata Kunci:  Model Pembelajaran Problem Based Learning Hasil Belajar Meningkat


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Burhan Mustakim dan Ary Astuti. Buku Paket Mata Pelajaran Matematika Untuk SD Kelas IV. Departemen Pendidikan Nasional.

Djaramah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Madya, Suarsih. 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP - Yogyakarta.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Grafindo.

Sudjana. 2000. Metode dan Teknik Pembelajran Partisipatif. Bandung : Falah Production

Suherman dan Sukajaya. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung : Wijaya Kusuma.

Admin, (2002). Projek DIE – like UI 2002 tentang Problem Based Learning. Diakses melalui https://scele.ui.ac.id. Pada tanggal 23 Agustus 2020. Admin, (2003). UU No. 20 tahun 2003 tentang. System Pendidikan Nasional. Diakses melalui https://kemenag.go.id. Pada tanggal 23 Agustus 2020.

Admin, (2015). Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index (EDI). Diakses melalui www.kemenkopmk.go.id. Pada tanggal 25Agustus 2020.

Amir, M. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Perdana Media Group.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. (1991). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik dan Prosedur. Bandung: Rmaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsini. (2003). PRosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Cahyo, A, N. (2013).Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalyono. (2005). Psikologi Pndidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyatidan, Mudjiono. (1994). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pmbelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hamdu dan Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi. Jakarta: Bina Aksara.

Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang PEndidikan.Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 247 times | PDF view : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats