Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa SD

Jupri Rahayu(1*), Rosdiah Salam(2), Muh. Hamkah(3),

(1) SD NEGERI 1 DEPOK
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Tidung
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Depok Kabupaten Banjar negara pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi alternatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 1 Depok dengan jumlah 12 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan pada hasil belajar adalah secara klasikal > 75% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai KKM yaitu 70 untuk skala penilaian 1-100.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi alternatif. Pada pra siklus hanya 47,5%. Setelah menggunakan model Problem Based Learning (PBL), pada siklus I meningkat menjadi 75% selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI pada siswa kelas VI di SDN 1 Depok tahun pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: IPA; Hasil Belajar; Problem Based Learning (PBL).

 


Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2008). Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsinmi, Suhardjono, Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Dewantara, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA. Jurnal Paradigma, Vol. 11, No. 2, h. 41-44. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2694

Mawardi. (2017). Merancang Model Dan Media Pembelajaran. Scholaria Vol. 8 No. 1, 26-40.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta : Rajawali Pers. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1412

Safitri, Melly, Yennita, & Irdam Idrus. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 2 (1) : 103-112.

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/5148

Sukidin, dkk. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta : ANDI

Wardani, N.S & Slameto. (2012). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Salatiga : Widya Sari Press.

Yuafian, Reza & Suhandi Astuti. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar 03 (1), (2020) 17-24.https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/3216


Article Metrics

Abstract view : 253 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats