Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V

Ani Puspita(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) SD Negeri 1 Kuwasen
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Kuwasen Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui problem based learning pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kuwasen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kuwasen yang berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar peserta didik tergantung dari kriteria ketuntasan minimal tiap muatan pelajaran yang ditetapkan sekolah yaitu 70 dari rentang nilai 0-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil belajar sebelumnya sebanyak 46,67 dengan ketuntasan klasikal 26,67% meningkat pada praktek pembelajaran I dengan rata-rata 75,67 dan ketuntasan klasikal 80%. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kuwasen Jepara  tahun pelajaran 2021/2022.

 Kata Kunci: Problem Based Learning; hasil belajar; IPA.


Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Anjar. 2016. Pengertian, Ciri-Ciri, Langkah-Langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Diakses melalui https://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/Pengertian-Ciri-Ciri-Langkah-Langkah-dan-Kelebihan-serta-Kekurangan-Model-Pembelajaran-Problem-Based-Learning.html