Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Sifat-Sifat Dasar Bunyi Pada Siswa Kelas IV
(1) SD N 1 SIBRAMA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SD BTM PAM Makasar
(*) Corresponding Author
Abstract
Rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD N 1 Sibrama Korwilcam Dindik Kemranjen Dinas pendidikan Kabupaten Banyumas tergambarkan dari sedikit siswa yang tuntas KKM pembelajaran IPA.Dari jumlah siswa yang berjumlah 18 hanya 4 siswa yang berhasil mendapatkan nilai diatas 7,0 sebagai standar KKM kenaikan siswa.Subjek penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD N Sibrama Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dengan jumlah siswa 18 orang ,6 laki – laki dan 12 siswa perempuan .Teknik pengumpulan data dengan cara tes dan non test berupa post test.Hasil penelitian para pra siklus ,siklus 1 dan siklus II menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD N 1 Sibrama .Peningkatan tersebut terjadi pada setiap pertemuan .Pada pra siklus I yaitu sebanyak 4 siswa yang mencapai KKM dan 14 siswa belum mencapai nilai KKM. Pada siklus I yaitu sebanyak 6 siswa yang mencapai KKM dan 12 siswa belum mencapai nilai KKM. Pada siklus II yaitu sebanyak 15 siswa yang mencapai KKM dan 3 siswa belum mencapai nilai KKM. Berdasarkan data tersebut penelitian dianggap telah mencapai target yang telah ditentukan karena sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 83 % dengan kriteria baik.Simpulan dari penelitian ini memiliki tujuan penelitian secara umum yaitu mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar IPA sifat – sifat dasar SD N 1 Sibrama.
Kata Kunci : Problem based learning(pbl);Prestasi Belajar siswa; sifat – sifat dasar bunyi.
Full Text:
PDFReferences
Biantoro,2014 , “Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom” https ://idr.uin-antasari.ac.id/13442/9/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.
Driscol (2002) ,”Model Pembelajaran Blended Learning” dengan Media Learning http://sibatik.kemdikbud.go.id/inivatif/assets/file_upload/pengantar/pdf/pengantar_3.pdf
Tobias, S., & Duffy, T. M. (Eds.). (2009). Constructivist instruction: Success or failure? New York, NY: Routledge.
Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. In L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.
Schunk, D. H. (2012a). Learning theories an educational perspective. Boston, MA: Pearson Education, Inc.
Schunk, D. H. (2012b). Learning theories an educational perspective (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012).
Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics (Fifth ed.). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.
Nurgiyantoro, B. & Efendi, A. (2017). Re-Actualization of Puppet Characters in Modern Indonesian Fictions of The 21st Century. 3L: The Southeast Asian Journal of English Language Studies. 23 (2), 141-153, from http://doi.org/10.17576/3L-2017-2302-11.
Article Metrics
Abstract view : 70 times | PDF view : 45 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats