Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Soal Cerita Pecahan Melalui Penerapan Metode Diskusi Think Pair Share
(1) SD Negeri 4 JERUKWANGI
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Kaccia
(*) Corresponding Author
Abstract
Peningkatan kemampuan memecahkan masalah soal cerita pecahan melalui penerapan metode diskusi Think Pair Share siswa kelas III SD Negeri 4 Jerukwangi Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Adapun tujuan dari penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan metode diskusi dalam menyelesaikan soal cerita pecahan sederhana. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dan diawali dengan kegiatan Pra siklus.. Penelitian ini menggunakan metode diskusi Think Pair Share dengan Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 4 Jerukwangi yang terdiri dari 31 orang peserta didik. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui empat tahap yaitu tahap perencannan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada tahap pra siklus,nilai rata-rata siswa 45, persentase anak yang tuntas 25,8% yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal 74,2%. Pada siklus I diketahui bahwa nilai rata-rata siswa 54, persentase anak yang tuntas 32,3% dan peresentase Kriteria Ketuntasan Minimal meningkat menjadi 67,7%. Kemudian pada Siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 83 dan persentase yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 100%.Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan dengan menggunakan metode Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam memecahkan masalah soal cerita pecahan.
Kata Kunci: Hasil belajar; Think-Pair-Share.
Full Text:
PDFReferences
Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pengajar.
M, Sunita. 2014. TPS(Think-Pair-Share): An Active Learning Stategy to Teach Theory of Computation Course. Internasional Journal of education Research and Technology 5(4): 62
Notoatmodjo, S. (2003).Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT Rineka cipta.
Soimim, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wardani, I.G.A.K, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract view : 116 times | PDF view : 56 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats