Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Pbl Siswa Kelas I Sd PI Tarsisius
(1) SD PL TARSISIUS
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF INPRES MACCINI SOMBALA
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD PL Tarsisius Semarang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I SD PL Tarsisius Semarang pada semester ganjil 2020/2021 yang berjumlah 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 62 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68 dimana dan standar deviasinya 5,369. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77 dan standar deviasinya 5,615. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 36,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 86,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Matematika; Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Abdullah, A.S. 2017. Ethnomathematics In Perspective Of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education (JME), 8(1): 1-16.
Abdullah, A.S. 2017. Ethnomathematics In Perspective Of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education (JME), 8(1): 1-16.
Amir, M.T. 2010. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta : Prenada Media Group.
Arends. 2007. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Darwis, Umar. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media IT dan Interaksi Sosial Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD 064987 Medan. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing.
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lubis, Maulana Arafat. 2018. Pembelajaran PPKn di SD/MI. Medan: Akasha Sakti.
.
Article Metrics
Abstract view : 97 times | PDF view : 60 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats