Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Pbl Siswa Kelas I Sd PI Tarsisius

Ery Indriani(1*), Hamzah Pagarra(2), Abdul Rahim(3),

(1) SD PL TARSISIUS
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF INPRES MACCINI SOMBALA
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD PL Tarsisius Semarang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I SD PL Tarsisius Semarang pada semester ganjil 2020/2021 yang berjumlah 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 62 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68 dimana dan standar deviasinya 5,369. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77 dan standar deviasinya 5,615. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 36,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 86,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 Kata Kunci: Problem Based Learning; Matematika; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Abdullah, A.S. 2017. Ethnomathematics In Perspective Of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education (JME), 8(1): 1-16.

Abdullah, A.S. 2017. Ethnomathematics In Perspective Of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education (JME), 8(1): 1-16.

Amir, M.T. 2010. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta : Prenada Media Group.

Arends. 2007. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Darwis, Umar. 2012. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media IT dan Interaksi Sosial Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD 064987 Medan. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing.

Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lubis, Maulana Arafat. 2018. Pembelajaran PPKn di SD/MI. Medan: Akasha Sakti.

.


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats