Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SDN Kaliwedi 2

Marlia Yuli Asri(1*), Rahmawati Patta(2), Kadarisman Kadarisman(3),

(1) SDN Kaliwedi 2
(2) PGSD Universitas Negeri Makasar
(3) PGSD Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II  SD_Negeri_Kaliwedi_2 Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan keterampilan membaca  dengan menggunakan media cerita bergambar pada siswa kelas II SDN_Kaliwedi_2 Gondang, Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini membentuk siklus empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN_Kaliwedi_2. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN_Kaliwedi_2 yang terdiri dari 15 siswa yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumen, wawancara, dan portofolio. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaksi yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca  dengan menggunakan media cerita bergambar. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes awal 65,40 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 46,7%. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 67,80 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 66,7%. Pada siklus II nilai rata-rata menjadi 71,13 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 86,7%.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca  pada siswa kelas II SDN_Kaliwedi_2 Gondang Kabupaten Sragen.

Kata kunci:Media cerita bergambar; ketrampilan membaca


Full Text:

PDF

References


Arifin. Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Musfiqon, (2016). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta. PT Prestasi Pustakarya.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Windiyani, T. & Novita, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal: JPsd Untirta. 4 (1). hlm.91-101.


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats