Peningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SDN Sudirman III

Alisa Alisa(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) UPT SPF SD NEGERI SUDIRMAN III
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD NEGERI KOMPLEKS IKIP 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Permasalahan dari penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VI. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning pada siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 15 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dan tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.. Peningkatan hasil belajar IPA diketahui dengan hasil tes pada siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Hasil belajar pada siklus I terdapat 73% siswa mencapai nilai tuntas dan pada siklus II terdapat 93% siswa mencapai nilai tuntas. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas VI UPT SPF SD Negeri Sudirman III Kota Makassar

 Kata Kunci: Peningkatan Hasil belajar IPA; Model Pembelajaran Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2008). Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10– 22

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 76–86.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme. Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59

Sukidin, dkk. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset

Wardhani, dkk. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Univesitas Terbuka


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats