Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V
(1) UPT SPF SD INPRES PAMPANG II
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD INPRE PERUMNAS II
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V UPT SPF SDI Pampang II Kota Makassar melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SDI Pampang II Kota Makassar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes . Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu diawali dengan mengecek segala dokumentasi yang berkaitan dengan penelitia, selanjutnya melakukan observasi selama pembelajaran berlangsung, dan dilanjutkan dengan memberikan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika siswa pada siklus I nilai rata-rata sebesar 70 menjadi 78,33 pada siklus II. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kehadiran siswa, perhatian siswa, keaktifan siswa, dan mengurangi siswa yang melakukan aktivitas negatif selama proses pembelajaran.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., dan Isrok‘atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 871- 880.
Assegaff, A dan Sontani, U. T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PLB). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1), 38-48
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1), 95- 101
Fauzan, M., Gani, A., dan Syukri, Muhammad. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5 (1), 27-35.
Monica, H., Kesumawati, N., dan Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7 (1), 155-166
Rahayu, S., Sapri, J., dan Alexon. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Pada SDN Gugus II Raflesia Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7 (2), 98-110.
Rerung, N., Sinon, I. L. S., dan Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6 (1), 47- 55
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesional Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Silberman, L. M. (2012). Active Learning. Bandung: Nuansa
Article Metrics
Abstract view : 105 times | PDF view : 39 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats