Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di SDN Glonggong 1 Sragen

Vidya Fatmawati(1*), Ahmad Syawaluddin(2), M Dahlan(3),

(1) SD Negeri Glonggong 1
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kaccia Kab. Gowa
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini berisi tentang penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang Perkembangbiakan hewan secara generatif di kelas VI SDN Glonggong 1 Kecamatan Gondang, berdasarkan hasil observasi awal penelitian, terdapat beberapa masalah pada proses pembelajaran, diantaranya yaitu dalam proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, akibatnya hasil belajar peserta didik menurun. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes awal ketuntasan hasil nilai masih dibawah KKM ≥ 60 dari 21 siswa, 12 siswa (57,14 %) bernilai belum tuntas, dan 9 siswa (43,86%) bernilai tuntas. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang perkembangbiakan hewan secara generatif di kelas VI SDN Glonggong 1 Kecamatan Gondang. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa; persentase siswa yang tuntas belajar pada tes awal 43,86%, pada siklus I naik 13,28% menjadi 57,14% dan pada siklus II naik 33,34% menjadi 90,48%. Dengan hasil yang diperoleh maka Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang perkembangbiakan hewan secara generatif di kelas VI SDN Glonggong 1 Kecamatan Gondang.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa; Hasil Belajar Siswa; Problem Based Learning (PBL); IPA.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2011.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara Daryanto, dan Suryati

Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Diva Press

Amir, M. T.2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aqib, Z. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Masyhud, M. S. 2013. Analisis Data Statistik untuk Penelitian Pendidikan Sederhana. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Pendidikan (LPMPK).

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Jonassen, D. (2011) ‘Supporting Problem Solving in PBL’, Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(2), pp.

Akinoglu, O., & Tandogan, R. O. (2007). The Effects Of Problem-Based Active Learning In Science Education On Student’s Academic Achievement, Attitude And Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (1), 71-81.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 732 times | PDF view : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats