Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Rangkaian Listrik

Erni Kurniasih(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SD Negeri 1 Mlandi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN KOMP. IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN 1 Mlandi Kabupaten Wonosobo. Latar belakang masalah yang terjadi adalah rendahnya hasil pembelajaran materi rangkaian listrik pada tema 3 Tokoh dan Penemuan dengan rata-rata nilai 69,58 atau sekitar 58% yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar rangkaian listrik melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning dilaksanakan dengan langkah orientasi pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan, menyajikan hasil karya dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.  Setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan dan observasi, 3) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan soal evaluasi. Subyek penelitian berjumlah 12 peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada siklus pertama diperoleh rata-rata nilai 77,5 atau 75% mencapai kriteria ketuntasan minimum. Pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 92% dengan rata-rata nilai 82,08. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran rangkaian listrik di kelas VI SDN 1 Mlandi melalui model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan hasil belajar.

Kata Kunci: Rangkaian listrik, hasil belajar, Problem Based Learning

 


Full Text:

PDF

References


Djumhana, N. (2019). Modul 3 Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud

Kenedi, A. K. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan menerapkan Strategi Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan. 1 (1) http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/285/0