Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Wayang Karakter Pada Materi Dongeng Kelas III SD

Ratih Widiawati(1*), Lukman Ali(2), Nur Aivi(3),

(1) SD Negeri Mijen 2
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa, dan hasil belajar siswa yang kurang terhadap materi pembelajaran pemahaman isi dongeng kelas 3 SD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media wayang karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng siswa kelas III SDN Mijen 2, Kabupaten Demak. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, di mana fokus yang diteliti adalah media dan metode pembelajaran yang digunakan yaitu pemanfaatan media wayang karakter. Setting dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas III sebanyak 13 orang siswa di SDN Mijen 2. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif yaitu skor rata-rata yang diperoleh dari hasil tes tiap siklus, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat hasil observasi, penggunaan media wayang karakter dapat membuat siswa lebih aktif  dalam pembelajaran dan memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar dapat meningkat. Penggunaan media wayang karakter dapat meningkatkan pemahaman isi dongeng dan hasil belajar siswa kelas III SD Mijen 2 dengan baik.

Kata Kunci: Dongeng; Wayang Karakter; Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Berlian, S. 2007. Dongeng Untuk Anak. Jakarta: Harian Kompas.

Yudha, A.A. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Mizan.

Gunarjo, Nursodik. 2011. Wayang Sebagai Media Komunikasi Tradisional dalam Diseminasi Informasi. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik.

Darmansyah. 2009. Pembelajaran Menggunakan Sisipan Humor dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan 10 (1): 31-41.

Oktavianti, Rizki & Agus Wiyanto. 2014. Pengembangan Media Gayanghetum (Gambar Wayang Hewan dan Tumbuhan) dalam Pembelajaran Tematik Terintegrasi Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar 1 (1). 65-70.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.. Jakarta: Gaung Persada.

Astuti, Aprilia Putri. 2016. Pengaruh Penggunaan Wayang sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak Terhadap Minat dan Hasil Belajar. Jurnal Universitas Negeri Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats