Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V UPT SPF SDN Bontoramba 1

Maryam Maryam(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) UPT SPF SDN BONTORAMBA 1
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Bontoramba 1. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V UPT SPF SDN Bontoramba 1 Kota Makassar pada semester genap 2020/ 2021 yang berjumlah 15 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif. Pada siklus I menunjukkan rata- rata hasil belajar sebesar 68,06 dan standar deviasi 7,591. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan skor rata- rata hasil belajar siswa sebesar 81,73 dan standard deviasi 8,672. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal 86,67. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Kunandar, 2007. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ni, Made. (2008). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Hlm. 74- 84.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 195 hlmn

Wina, Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats