Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Tamamaung I

Jumiati Jumiati(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Reniastuty Latif(3),

(1) UPT SPF SD NEGERI TAMAMAUNG 1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPT SPT SD Negeri Tamamaung I. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD Negeri Tamamung I Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari hasil tes yang diperoleh peserta didik yang meningkat pada post test. Selain itu aktivitas peserta didik dalam kelaspun meningkat. Dari hasil evaluasi, refleksi dan perbaikan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPT SPF SD Negeri Tamamaung I.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas; Problem Based Learning; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Amir, T.M, 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 400 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats