Effect Of Emotional Intelligence And Intelligence Intrapersonal On Learning Outcomes Mathematics Of Class Ii Students Of SD Inpres Makassar

Patrisius Haryono(1*),

(1) Mahasiswa Pendidikan Matematika
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas Inpres Makassar. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  di SD Inpres Makassar dengan sampel sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil pengolahan data terlihat bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional () terhadap hasil belajar matematika (Y) dengan  = 183,637 > = 3,37; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan intrapersonal () terhadap hasil belajar matematika (Y) dengan = 258,415 > = 3,37; dan (3) terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional (), kecerdasan intrapersonal () terhadap hasil belajar matematika (Y) dengan = 55,516 > = 3,37. Dapat disimpulkan bahwa  ditolak dan terdapat pengaruh yang signifikan dari kecerdasan emosional dankecerdasan intrapersonal secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Helmawati. 2018. Mendidik anak berprestasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Ike Yesi, Riswan Jaenudin, Ikbal Barlian. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Akuntasi Keuangan Siswa. Jurnal: Profit vol 3 No 2, hlm 139-147.

Suhartono, R. M., & Salam, S. (2021). Implementation of State Administrative Court Decisions: Conception, and Barriers. Musamus Law Review, 3(2), 49-57.

Rahmat. 2013. Statistika Penelitian. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Rosida, Vivi. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Jurnal: Sainsmatvol 4 No 2, hlm 87-101.

Supardi.2015. Hasil belajar siswa ditinjau dari interaksi tes formatif uraian dan kecerdasan emosional. Jurnal: forma tifvol 3 No 2, hlm 78-79.


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats