Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Biologi yang dibelajarkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Inkuiri Terstruktur

NP Sriwulandari Alam(1*),

(1) Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRACT This research is a quasi-experimental which aims to discover the comparison of critical thinking skills and biological science process skills taught by utilizing guided inquiry learning model and structured inquiry. The independent variable in this study is the application of guided inquiry learning model and structured inquiry while the dependent variable is the critical thinking skills and science process skills of students on Environmental Change material. The study was conducted at SMAN 2 Soppeng. The population were all students of grade X MIA at SMAN 2 Soppeng which consisted of 5 classes. The research samples were selected and chosen 2 classes by using random sampling technique. The classes obtained were class X MIA 1 as the experimental class I which was taught with a guided inquiry learning model with a total of 34 students and class X MIA 2 as an experimental class II which was taught by using a structured inquiry model with a total of 34 students. The data collection method employed a written test in the form of description questions for critical thinking skills based on the critical thinking skills indicators while for science process skills used observation sheets. The research data were collected by giving tests before and after learning and analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. The Mancova test inferential statistics was used to test the difference hypothesis. The results of the study reveal that there are differences in critical thinking skills and biological science process skills taught by utilizing guided inquiry learning model and structured inquiry. The critical thinking skills and science process skills taught by utilizing guided inquiry model are higher than those taught by utilizing structured inquiry model.

Keywords: guided inquiry learning model, structured inquiry model, critical thinking skills, science process skills

 

ABSTRAK Penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbandingan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains biologi yang dibelajarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri terstruktur. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri terstruktur sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Soppeng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Soppeng yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian dipilih 2 kelas secara random sampling yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan jumlah peserta didik 34 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model inkuiri terstruktur dengan jumlah peserta didik 34 orang. Metode pengambilan data yaitu dengan menggunakan tes tertulis berupa soal uraian untuk keterampilan berpikir kritis sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kritis sedangkan untuk keterampilan proses sains menggunakan lembar obervasi. Data penelitian dikumpulkan dengan pemberian test sebelum dan sesudah pembelajaran dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial uji mancova digunakan untuk menguji hipotesis perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains biologi yang dibelajarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri terstruktur. Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada yang dibelajarkan dengan model inkuiri terstruktur.

Kata kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, model inkuiri terstruktur, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains


Full Text:

PDF

References


Azizah,H.N , Asep, K.J, Diah.G. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri

Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik pada Materi Energi Bunyi. UPI Kampus Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016).

Ariani, M., Hamid, A., & Leny, L. (2017).Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada materi koloid dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Quantum (Jurnal Inovasi Pendidikan Sains), 6(1). Retrieved from http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/ quantum/article/view/3242

Erikko.D, Mahwar.Q, & Tuti.K, 2018. Komparasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan inkuiri bebas terhadap keterampilan proses sains peserta didik Pada materi hukum kekekalan massa kelas x mipa Sma negeri 1 pontianak. Universitas Muhammadiyah. Ar-Razi Jurnal Ilmiah .Vol. 6 No. 1, Februari 2018.8

Juhji. 2016. Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik Melalui pendekatan inkuiri terbimbing. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. JPPI, Vol. 2, No. 1, Juni 2016, Hal. 58-70.

Johnson, E.B., 2008. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. MLC, Bandung.

Marissa A., Lestari, N.A., Widodo, A.T dan Wijayati, N., 2016, Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Penerapan GuidedInquiry Berstrategi Buzz Group, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10, No 2, Hal 1721-1730.

Masitoh.I.D, Marjono, & Joko.A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbingterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas X MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. Pendidikan Biologi FKIP: Universitas Sebelas Maret. BIOEDUKASI, Volume 10, Nomor 1. p-ISSN: 1693-265X/e-ISSN: 2549-0605.

Novitasari.A, Alinis.I, & Sitti.N.A, 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fotosintesis kelas xii ipa di sma yadika bandar lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi Vol. 8 no.1 (2017) 91-104.

Priono, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan KeterampilanBerpikir Kritis Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis. STKIPPGRI Lubuklinggau, Lubuklinggau.

Palennari, M., & Adnan. 2010. PenerapanPembelajaran Model Learning Cycle(Siklus Belajar) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bionature 11 (1): 37-43.

Rahmazani, A., Safitri, R., 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan proses sains Peserta didik pada Materi Fluida Statis. Unsyiah, Banda Aceh.

Riyadi, I. P., Prayitno, B. A. dan Marjono. 2015, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Peserta didik Kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Biologi, Vol 7, No 2, Hal 80-93.

Sutama, I.N., I.B. Putu Arnyana, I.B. Jelantik Swasta. 2014. “Pengaruh

Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Amlapura” E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana, Jakarta.

Tewa, Y.,& Nurlansi. 2018. Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Inkuiri Terstruktur Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Reaksi Oksidasireduksi (Redoks) Pada Peserta didik Sma Negeri 1 Kaledupa. Jurnal Gema Pendidikan. 25(2): 90.

Wahyudi, L. E., dan Imam, S., 2013, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Sumenep, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 2, No 2, Hal 62-65.

Zakiyah, N., 2011. Pengaruh pendekatan inkuiri terstruktur terhadapketerampilan proses sains peserta didik pada konsep sistem pernapasan manusia: kuasi eksperimen di MTs. Yasti I Cisaat-sukabumi.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

 

Email: pgsdjurnal@gmail.com

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats