Efektivitas Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VTK SD Mangkura Makassar

Veronika Hadia(1*),

(1) SD Mangkura Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai efektivitas penerapan Pendekatan Kontekstual dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD MangkuraMakassar. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VTK SD MangkuraMakassar yang terdiri dari tiga kelas dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V1 yang berjumlah 25 orang. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis tersebut diperoleh bahwa: 1) Hasil  belajar siswa sebelum menerapkan Pendekatan Kontekstual dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) berada pada kategori rendah dengan rata rata 60,08 dengan standar devisiasi 14,734 sedangkan  hasil belajar siswa setelah  menerapkan Pendekatan Kontekstual dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 84,24 dengan standar devisiasi 11,092 serta berdasarkan pengujian hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 dengan dk=24 diperoleh  yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar siswa juga melebihi KKM; 2) Terjadi peningkatan dari pretest ke posttest dengan nilai gain 0,60 dan berada pada kategori sedang; 3) Persentase aktivitas siswa  sebesar 83,33% dan berada pada kategori sangat aktif; 4) Persentase respon siswa sebesar 81,6% dan berada pada kategori positif; 5) Persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 84,13% dan berada pada kategori baik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa Pendekatan Kontekstual dengan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) efektif dalam pembelajaran matematika siswa.


References


Alamsyah, Muhammad. 2017. “Efektivitas Penggunaan Software POM-QM FOR Windows 3 Dalam Model Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran Matematika Kelas VSMA Gowa”. Skripsi. UNM. Diakses pada juli 2019

Amir dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Aunurrahman. 2013. Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Hamdayama, Jumanta.2015. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter,Bogor: Ghalia Indonesia

Haryono, Didi.2014.Filsafat Matematika,Bandung: Alfabeta

Ihsan, Fuad. 2103. Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Kasmina dan Toali. 2013. Matematika, Jakarta: Penerbit Erlangga

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual, Bandung: PT RefikaAditama

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Nuraini. dkk. 2018. Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 pontianak. Jurnal Ilmiah. Vol 6 (1)

Patmawati. dkk. 2015. Efektivitas Penerapan Strategi TTW Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal of EST. Vol 1 (2)

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Reskiawan, Dwianto. 2016. Efektivitas Penerapan Kerangka Experiences, Language, Pictures, Symbols, Dan Applycations (ELPSA) Setting Cooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMPN 29 Bulukumba. Artikel

Safitri Dan Mahmudi. 2017. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Stategi REACT Ditinjau Dari Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 6 (4)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta

Surachim, Ahim. 2016. Efektivitas Pembelajaran Pola Pendidikan Sistem Ganda, Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group

Ulum, Miftahul. 2017. “Efektivitas Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Dan Ketrampilan Proses Sains di SMP Negeri 22 Bandar Lampung.” Skripsi. Lampung. UIN Raden Intan. Diakses Pada April 2019

Uno Hamzah B & Mohamad Nurdin.2014.Belajar Dengan Pendekatan Paikem, Jakarta: Bumi Aksara

Surachim, Ahim.2016. Efektivitas Pembelajaran, Bandung : Alfabeta

Yudian fonny. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Makassar”. Skripsi. Makassar. UNM. Diakses Pada April 2019


Article Metrics

Abstract view : 59 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

 

Email: pgsdjurnal@gmail.com

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats